Thursday 14 May 2015

Inilah 6 Motif Pattern yang Sedang Tren di Dunia Fashion

Assalamualaikum semua pembaca... Sudah lama tidak mengupdate entry ini. Kali ini kita akan menampilkan tajuk fesyen. Motif atau corak tertentu memang lebih menarik dan dapat menyerlahkan penampilan kita ditambahkan dengan aksesori yang menarik berbanding kita menggayakan fesyen yang polos.Disamping itu, menggunakan pakaian dengan motif-motif tertentu ternyata juga dapat membuat penampilan kita jadi lebih berkarakter. 
 Seiring dengan perkembangan dunia fesyen, maka semakin banyak pula motif-motif yang bermunculan dan digarap oleh para pereka fesyen. Ini terdapat pelbagai jenis motif...

Motif Haiwan


Motif haiwan merupakan motif pattern yang sedang digilai oleh para fashionista atau pecinta fesyen. Salah satu motif animal print yang sangat terkenal dan seringkali dipakai adalah motif leopard.


Tertarik untuk menggunakan baju, celana ataupun aksesori fesyen lain bermotif leopard ini? Jika ingin mencubanya, kamu harus tahu batas penggunaannya kerana jika berlebihan, motif ini akan membuat penampilan kamu terlalu "menjolok" dalam berfesyen atau anda akan menjadi mangsa fesyen. Sebaik mungkin jangan gunakan lebih dari 2 aksesori dengan motif leopard. Misalnya, jika sudah menggunakan baju bermotif haiwan ini, jangan gunakan aksesori lain seperti tas, jaket dan atau celana bermotif leopard. Sebaiknya kombinasikan baju leopard yang kamu gunakan dengan aksesori polos dan berwarna yang neutral seperti hitam.
Selain itu, kerana motif itu sudah membuatkan penampilan anda cukup serabut, elak menggunakan terlalu banyak aksesori seperti rantai dan gelang yang akan membuat penampilan kamu terlihat semakin ramai.

Motif Floral

Bagi kamu yang suka dengan penampilan feminin namun tidak ingin terlihat terlalu tua, pakaian dan aksesori floral dapat menjadi pilihan yang tepat. Motif bunga ini akan membuat kamu terlihat lebih "fresh" dan bersemangat, tidak heran jika motif ini selalu sesuai dengan gaya anak muda. Saat menggunakan baju polos, menambahkan aksesori seperti scarf bermotif floral tentunya akan membuat penampilan kamu menjadi lebih menarik. Mengenai warna dan ukuran motif floral ini, kamu bebas untuk memilih warna dan ukuran, bisa motif bunga-bunga kecil, bisa juga yang besar. Kamu tidak perlu merasa takut penampilan kamu akan terlihat berlebihan jika memilih warna yang terang dan motif floral yang besar.

Memiliki aksesori fesyen seperti baju, tas, dan sepatu bermotif floral pasti tidak akan membuat penampilan kamu terlihat out of date, kerana pada dasarnya motif ini tidak akan lekang dimakan waktu dan akan selalu diminati oleh pencinta fesyen.


Motif Striped

Bagi kamu yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, baju bermotif  striped atau garis-garis boleh kamu jadikan solusi yang paling tepat. Jika kamu memiliki bentuh tubuh yang gemuk, gunakanlah motif striped vertikal atau garis lurus ke bawah, untuk memberikan kesan lebih ramping dan tinggi pada tubuh kamu. Sementara untuk yang kamu yang bertubuh kurus, baju dengan motif striped horizontal atau garis lurus ke samping akan menambahkan kesan lebih berisi pada tubuh kamu.

Motif Tribal  
Bagi kamu yang pernah belajar mengenai kebudayaan suku-suku di dunia seperti Afrika, Indian, hingga suku Dayak di Kalimantan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan motif tribal. Yup, motif ini memang menjadi ciri khas dari suku-suku tertentu dan seringkali digunakan dalam keseharian mahupun upacara-upacara adat mereka. Sebenarnya motif tribal sudah pernah menjadi tren di era 80-an, dan kembali mulai dikenal di dunia fashion. Motif dengan ciri khas kombinasi garis-garis dengan berbagai warna yang menarik ini sangat sesuai bagi kamu yang ingin tampil berbeza dan suka menjadi tarikan. 


Motif Tartan

Tartan adalah motif yang terdiri dari gambar kotak-kotak yang saling silang, horizontal mahupun vertikal. Membuat penampilan kamu terlihat lebih dinamik. Selain floral, motif tartan ini juga termasuk salah satu corak yang tidak akan hilang ditelan zaman dan sudah terbukti mampu bertahan di tengah semakin banyak muncul motif-motif baru di dunia fashion. Pasalnya, motif tartan yang cenderung bersifat dinamis ini sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai musim, mulai dari musim panas hingga musim dingin, dan juga bisa digunakan oleh berbagai kalangan, baik pecinta street fashion maupun high fashion. Pastinya kamu tidak akan rugi jika membeli aksesori fashion bermotif tartan, kerana motif ini  bebas untuk kamu gunakan bila-bila sahaja.
Untuk membuat penampilan kamu terlihat lebih maksimal, kombinasikanlah aksesori bermotif tartan dengan aksesori yang polos. Misalnya saat kamu menggunakan baju bermotif tartan, cukup gunakan bawahan (celana atau rok) yang monokrom seperti hitam, krem atau khaki.
Motif Batik 
Selain kelima motif yang sudah dijelaskan di atas, tentunya kita tidak boleh melupakan motif tradisional. Ya, kini Batik memang sudah mulai banyak digilai oleh para pecinta fesyen, bukan hanya di Malaysia, atau serantau tapi di dunia. Bahkan designer  kelas dunia seperti Dries Van Noten yang menggunakan motif batik untuk membuat koleksi pakaian Spring/Summer yang dipamerkan pada Paris Fashion Week 2014. Ada lagi designer terkenal asal Amerika, Nicole Miller, yang mengeluarkan koleksi Resort Collection 2009  yang mengetengahkan motif batik dalam koleksi terbaru beliau. Banyak corak batik yang menjadi pilihan bergantung dari mana asalnya, sehingga kamu  bebas untuk memilih corak yang disukai dan sesuai dengan karakter kamu.


No comments:

Post a Comment